Minggu, 08 Januari 2012

Komponen Utama Mesin

·      Blok Silinder
Blok silinder merupakan inti dari pada mesin yang terbuat dari besi tuang. Belakang ada beberapa blok silinder yang dibuat dari paduan alumunium. Seperti kita ketahui bahwa alumunium ringan dapat meradiasikan panas yang lebih dibandingkan dengan besi tuang. Blok silinder dilengkapi rangka pada bagian dinding luar untuk memberikan kekuatan pada mesin dan mampu meradiasikan panas. Blok silinder terdiri dari beberapa lubang tabung silinder yang didalamnya terdapat piston yang bergerak turun naik, silinder-silinder ditutup bagian atasnya oleh kepala silender. Crankcase terpasang dibagian bawah blok silinder dan poros engkol dan bak oli termasuk dalam crankcase.

·      Kepala Silinder
Kepala silinder ditempatkan dibagian atas blok silinder. Pada bagian bawah kepala silinder terdapat ruang bakar dan katup-katup.
Kepala silnder harus tahan terhadap temperature dan tekanan yang tinggi selama mesin bekerja. Oleh sebab itu umumnya kepala silinder dibuat dari paduan alumunium memiliki kemampuan pendingin  lebih besar dibanding yang terbuat dengan besi tuang.
Pada kepala silinder juga dilengkapi dengan mantel pendingin yang dialiri air pendingin yang dating dari blok silinder untuk mendinginkan katup-katup dan busi.

·      Piston
Piston bergerak turun naik di dalam silinder untuk melakukan langkah hisap, kompresi, pembakaran dan pembuangan. Fungsi utama piston untuk menerima tekanan pembakaran dan meneruskan tekanan untuk memutar poros engkol melalui batang piston.
Piston terus menerus menerima temperature dan tekanan yang tinggi sehingga harus dapat tahan panas saat mesin beroperasi pada kecepatan tinggi untuk periode waktu yang lama. Pada umumnya piston dibuat dari paduan alumunium, selain lebih ringan radiasi panasnya juga lebih ringan radiasi panasnya juga lebih efisien dibandingkan dengan material lainnya.

·      Poros Engkol
Tenaga yang digunakan untuk menggerakkan roda kendaraan dihasilkan oleh gerakan batang piston dan dirubah menjadi gerakan menjadi gerak putar pada poros engkol. Poros engkol menerima beban yang besar dari piston dan batang piston serta berputar pada kecepatan tinggi. Dengan alas an tersebut poros engkol umumnya dibuat dari baja karbon dengan tingkatan serta mempunyai daya tahan yang tinggi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar